Saturday, December 11, 2010

Saya Ingin Bernafas Dengan Bebas

Pernahkah kalian membayangkan jika tidak ada oksigen (O2) di dunia ini? Ya, kita tidak akan bisa bernafas. Karena kita semua bernafas memerlukan oksigen. Dan oksigen biasanya dihasilkan oleh pepohonan yang tumbuh. Tetapi seringkali kita lihat banyak sekali pepohonan yang ditebang sembarangan. Selain itu, yang menyebabkan berkurangnya kesempatan kita untuk menghirup udara segar adalah asap kendaraan bermotor yang begitu banyak kita temukan di jalan raya.

Sebenarnya saya sangat kesal dengan keadaan seperti ini! Selain asap kendaraan bermotor, asap rokok juga sangat mengganggu kesehatan. Sering saya jumpai keadaan seperti ini di tempat-tempat tertentu (bahkan di ruangan ber-AC sekalipun), di tempat umum atau di lingungan yang seharusnya tidak dijadikan tempat untuk merokok. Padahal sudah jelas-jelas terpasang papan yang berisi tulisan "Dilarang Merokok di Area Ini", tetapi tetap saja orang-orang (yang menurut saya tidak punya pikiran) masih tetap merokok dengan BEBASnya di tempat tersebut. Saya tidak mengerti apakah mereka sengaja atau tidak sengaja berbuat seperti itu, melakukan perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri bahkan orang lain. Tidakkah mereka berfikir bahwa perbuatan mereka SANGAT mengganggu orang lain di sekitarnya??! Tidakkah mereka tahu bahwa perokok pasif lebih cenderung memiliki dampak yang lebih berbahaya dibanding perokok aktif?! Ingin sekali rasanya saya menyulap semua orang untuk tidak merokok. Yaa meskipun seperti yang kita tahu bahwa ada Undang-Undang tentang dilarangnya merokok di tempat umum, tetapi Undang-Undang tersebut masih saja diabaikan/dilanggar oleh sejumlah perokok.

Saya hanya ingin bernafas dengan bebas. Tetapi bisakah saya bernafas dengan bebas? Tanpa ada asap rokok ataupun asap kendaraan yang mencemari udara. Saya sangat mendambakan udara segar yang mengandung oksigen untuk saya hirup setiap hari. Karena saya sudah capek dan lelah harus menahan nafas ketika ada asap rokok atau asap kendaraan yang ada di sekitar. Saya ingin menghirup udara yang sehat!


No comments:

Post a Comment