Saturday, December 11, 2010

Pengaruh Negatif Tayangan Televisi Bagi Anak-anak

Kita perlu menyadari bahwa tidak semua tayangan dari televisi dapat menimbulkan pengaruh negatif terhadap perkembangan pembentukan perilaku anak. Ada beberapa tayangan yang mengajarkan anak berperilaku baik, menghargai pendapat teman, hormat terhadap orang tua, serta berkata sopan. Namun sangat disayangkan bahwa tayangan seperti itu sudah sangat sedikit jumlahnya untuk ditayangkan.

Yang paling dikhawatirkan lagi, materi yang disajikan oleh tayangan tersebut sangat mengganggu perkembangan perilaku anak-anak dibawah umur karena kebanyakan bertemakan cerita yang kurang bermutu. Sebagai contoh, Sinetron. Tayangan ini biasanya sering menampilkan adegan yang tidak sopan dan kekerasan yang dapat menimbulkan pengaruh buruk terhadap anak-anak yang menontonnya. Contoh lain seperti tayangan yang berbau mistis atau hantu. Tayangan seperti ini akan menjadikan anak-anak yang menontonnya menjadi penakut atau membuat mereka berhalusinasi yang tidak-tidak.

Oleh karena itu, diperlukan perhatian yang cukup serius untuk mengantisipasi pengaruh negatif tayangan televisi bagi anak-anak. Karena, anak adalah generasi penerus bangsa dan melalui tangan-tangan merekalah bangsa ini akan diwariskan. Jadi, sangatlah tidak mungkin apabila bangsa yang besar ini akan dibangun oleh generasi muda yang memiliki perilaku buruk.

No comments:

Post a Comment