Tuesday, October 23, 2012

BOM PERANG DUNIA II SEBERAT 220 KG BERHASIL DIJINAKKAN DI TOKYO (Tugas Berita - Jurnalistik)

       Tokyo - Telah ditemukan sebuah bom sisa-sisa Perang Dunia II di kawasan bisnis Tokyo, Jepang. Bom yang telah berhasil dijinakkan dan akhirnya dipindahkan dari lokasi yang ramai orang tersebut, ternyata memiliki berat 220 kg.
       Bom ini memakan waktu sekitar 1 jam untuk dijinakkan dan dipindahkan dengan aman dari lokasi tersebut pada hari Minggu (21/10) waktu setempat. Tepatnya sejak pukul 09.13 waktu setempat sampai pukul 10.18 waktu setempat oleh anggota tim penjinak bom dari Anggota Bersenjata Jepang. Pengevakuasian ke tempat yang lebih aman terpaksa dilakukan kepada sekitar 200 orang yang berada dalam radius 100 meter dari lokasi penemuan bom tersebut.
       Dengan bantuan sejumlah personel militer Jepang, upaya pemindahan bom yang sudah berkarat ini pun dilakukan. Beberapa saat setelah itu, aparat dan otoritas setempat menyatakan bahwa wilayah tersebut telah aman kembali. Begitupula seperti yang disampaikan oleh seorang pejabat setempat dan dilansir Channel News Asia, Senin (22/10/12).
       Tempat ditemukannya bom ini yaitu di sebuah lokasi proyek pembangunan di wilayah Motoakasaka, Minato, Jepang, sekitar 1 bulan lalu. Dapat dikatakan bahwa bom ini telah terpendam di dalam tanah dengan kedalaman 4,5 meter.
       Seperti yang telah diketahui bahwa Tokyo menjadi lokasi sejumlah serangan udara yang dilancarkan oleh militer AS saat Perang Dunia II. Dan berdasarkan kantor pemerintah lokal, disetiap tahunnya ditemukan telah lebih dari 70 bom sisa Perang Dunia II yang belum meledak di wilayah Tokyo. (Tri Wahyuni)


(Sumber : detikcom)

No comments:

Post a Comment